MODUL 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Pada Murid_3.3

 

Demonstrasi Kontekstual - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Tujuan Pembelajaran Khusus: 

CGP dapat mengembangkan ide dari ruang kolaborasi menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA dalam rangka menggalang dukungan, mengarahkan proses dialog, dan mendorong kolaborasi bersama murid, guru, kepala sekolah, atau anggota lain dalam komunitas sekolahnya.

    Pertanyaan Pemantik  

    • Bagaimana kerangka BAGJA dapat membantu perencanaan program/kegiatan intrakurikuler, atau ekstrakurikuler, atau ko-kurikuler?
    • Apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam menyusun perencanaan program/kegiatan intrakurikuler, atau ekstrakurikuler, atau ko-kurikuler?
    • Siapa saja yang perlu dilibatkan dalam menyusun perencanaan program/kegiatan intrakurikuler, atau ekstrakurikuler, atau kokurikuler?

    Koneksi Antarmateri - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

    Tujuan Pembelajaran Khusus:  

    • CGP mampu mengaitkan prakarsa perubahan yang mereka buat dengan modul-modul sebelumnya untuk menguatkan desain dan kerangka/dasar teori dari program/kegiatan yang berdampak pada murid,

    • CGP akan merumuskan rancangan program/kegiatan pada tahap demonstrasi kontekstual (BAGJA) menjadi rencana program intrakurikuler, atau kokurikuler, atau ekstrakurikuler yang akan mereka wujudkan tahap demi tahap sesuai kerangka waktu atau lini masa yang disediakan pada tahap aksi nyata nanti.

    Pertanyaan Pemantik:

    1. Bagaimana saya dapat mengaitkan intisari dari materi modul-modul guru penggerak yang telah saya pelajari untuk menjadi landasan teori bagi rencana program/kegiatan yang berdampak pada murid yang saya buat?
    2. Apa saja elemen-elemen yang harus ada dalam sebuah rencana program/kegiatan yang memberikan dampak pada murid?

    Aksi Nyata - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

    Tujuan Pembelajaran Khusus:  

    1. CGP dapat menjalankan rancangan program/kegiatan  yang dibuat di tahapan koneksi antarmateri
    2.  CGP membuat dokumentasi pelaksanaan program/kegiatan  dalam bentuk e-portfolio.
    Selamat Bapak/Ibu sekalian! Bapak/Ibu telah sampai pada tahapan pembelajaran yang terakhir dari modul ini, yang sekaligus merupakan tahapan terakhir dari keseluruhan rangkaian modul Program Guru Penggerak. Kami yakin, cara pandang baru, pengetahuan, keterampilan, dan sikap-sikap yang telah Bapak/Ibu kembangkan dalam proses belajar selama ini, telah memberi bekal yang cukup untuk memulai aksi perubahan dalam praktik-praktik pembelajaran yang dilakukan sehari-hari oleh bapak/Ibu.  Kami hanya ingin mengingatkan kembali bahwa, perubahan tidak harus dimulai dari hal yang besar. Kita dapat memulainya melalui langkah-langkah kecil yang dapat kita lakukan dalam lingkungan yang secara langsung dapat kita pengaruhi terlebih dahulu. Lewat perubahan-perubahan kecil yang Bapak/Ibu buat, kami yakin dampak positif akan dapat dirasakan oleh komunitas belajar di sekolah Bapak/Ibu, yang kemudian mampu menginspirasi lingkungan yang lebih luas.





    0 komentar:

    Posting Komentar