MODUL 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional_2.2

 

Demonstrasi Konstektual - Pembelajaran Sosial dan Emosional

Tujuan Pembelajaran Khusus:  CGP dapat menerapkan pembelajaran sosial dan emosional  berbasis kesadaran penuh dalam mata pelajaran yang diampu.

Sebelum Anda melakukan kegiatan, silahkan cermati pertanyaan berikut dan diharapkan dapat Anda jawab setelah menyelesaikan kegiatan ini.

Apakah saya mampu mengintegrasikan penerapan pembelajaran  kompetensi sosial-emosional  berbasis kesadaran penuh pada  mata pelajaran yang Anda ampu?

Selamat datang dalam kegiatan Demonstrasi Kontekstual!

Bapak/Ibu CGP, Ini adalah saatnya bagi Anda untuk menerapkan pembelajaran kompetensi  sosial dan emosional berbasis kesadaran penuh yang sudah Anda pelajari, ke dalam perancangan  mata pelajaran yang Anda ampu.

RPP Berdiferensiasi

Deskripsi RPP

Koneksi Antar Materi - Pembelajaran Sosial dan Emosional

Tujuan Pembelajaran Khusus:  CGP menunjukkan keterkaitan antara materi pembelajaran sosial dan emosional berbasis kesadaran penuh dengan pembelajaran berdiferensiasi .

Sebelum Anda melakukan kegiatan mandiri ini, Anda diminta untuk mencermati dan merenungkan pertanyaan mengenai: Apakah hubungan pembelajaran sosial emosionnal dengan modul pembelajaran berdiferensiasi dalam memenuhi pembelajaran yang berpihak pada murid?

Selamat datang kembali Bapak/Ibu CGP dalam rangkaian sesi ke-7 Pembelajaran Sosial dan Emosional. Pada fase sebelumnya, Anda telah melakukan proses elaborasi untuk mengembangkan praktik pembelajaran sosial dan emosional yang lebih solid. Kali ini, Anda diajak untuk  merumuskan koneksi antara pembelajaran sosial dan emosional berbasis kesadaran penuh dengan modul pembelajaran berdiferensiasi. 


Koneksi Antar Materi:
Modul 1.1 Filosofi KHD
Pembelajaran Sosial dan Emosional saling terkoneksi dengan Filosofi KI Hajar dewantara. bahwa setiap peserta didik kembali kepada kodrat. dengan adanya pembelajaran KSE hingga wellbeing harapannya adalah pembelajaran dapat semakin menyenangkan

Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak
nilai dan peran guru penggerak akan mendorong dan memotivasi peserta didik dalam pembelajaran ini kelas. harapan nya adalah dapat terwujud pembelajaran sesuai kebutuhan murid / berpihak pada murid. 

Modul 1.3 Visi Guru Penggerak
Visi guru penggerak akan saling terkoneksi dengan Pembelajaran sosial dan emosional. hal tersebut akan menunjang akan perencanaan guru dalam proses pembelajaran yang visioner untuk masa depan. 

Modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi
kedua modul ini akan saling terkoneksi dengan baik (pembelajaran Sosial dan emosional) dan Pembelajaran berdiferensiasi. Proses Pembelajaran akan semakin menarik, berbobot dan mencapai Profil pelajar pancasila

Aksi Nyata - Pembelajaran Sosial dan Emosional

Tujuan Pembelajaran Khusus:  CGP dapat melakukan aksi nyata pembelajaran kompetensi sosial dan emosional berbasis kesadaran penuh dan mendokumentasikannya.

Selamat Bapak/Ibu CGP! 

Akhirnya Anda telah tiba di sesi pembelajaran terakhir dari Modul Pembelajaran  Kompetensi Sosial dan Emosional. Aksi Nyata dalam modul ini mensyaratkan Anda mengintegrasikan pemahaman dari modul sebelum ini, yaitu Pembelajaran Diferensiasi.  

Video diatas bagian dari Aksi Nyata, mohon masukan dan saran nya. 

0 komentar:

Posting Komentar