Pendahuluan Modul 2.2 - Pembelajaran Sosial dan Emosional
Surat dari Instruktur
Bapak/Ibu CGP yang kami banggakan,
Selamat datang dalam pembelajaran sosial dan emosional. Pembelajaran sosial dan emosional ini diawali dengan kesadaran penuh bahwa tidaklah cukup apabila murid hanya mengembangkan kemampuan kognitifnya saja. Murid juga perlu mengembangkan aspek sosial dan emosionalnya. Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi sosial-emosional berperan penting dalam keberhasilan akademik maupun kehidupan seseorang. Sebagai pendidik yang berinteraksi dengan murid dan orang dewasa di lingkungan sekolah, Anda tentu sepakat dengan pernyataan tersebut.
Bapak Pendidikan Nasional kita, Ki Hajar Dewantara dalam bukunya “Bagian Pertama : Pendidikan (2011) mengatakan bahwa pendidikan merupakan daya dan upaya untuk memajukan bertumbuhnya budi pekerti (kekuatan batin, karakter), pikiran (intelektual) dan tubuh anak agar dapat memajukan kesempurnaan hidup, yaitu kehidupan anak yang sesuai dengan dunianya.
Selaras dengan pemikiran Bapak Ki Hajar Dewantara, Pembelajaran Sosial dan Emosional berbasis kesadaran penuh adalah upaya untuk menciptakan ekosistem sekolah yang mendorong bertumbuhnya budi pekerti, selain aspek intelektual. Lewat Pembelajaran Sosial dan Emosional, murid diajak untuk menyadari, melihat, mendengarkan, merasakan, mengalami berbagai pengalaman belajar yang dapat mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap positif mengenai aspek sosial dan emosional.
Agar guru dapat mengembangkan kompetensi sosial dan emosional murid secara optimal melalui suasana belajar dan proses pembelajaran yang sistematik, menyeluruh, dan seimbang, guru perlu menyadari, mengelola, dan menerapkan pembelajaran sosial dan emosional dalam dirinya. Melalui fase MERRDEKA, kami mengajak Anda untuk terlibat dalam pengalaman belajar yang dilandasi kasih sayang, perhatian yang berkualitas, keterbukaan, rasa ingin tahu, sikap apresiatif dan semangat bertumbuh, yang dilakukan secara mandiri maupun bergotong-royong. Kami berharap Anda juga bersedia untuk berbagi pengalaman sehingga pembelajaran Bapak/Ibu semakin kaya, bermakna dan bermanfaat bagi murid. Harapan kami, modul pembelajaran sosial dan emosional ini dapat membantu Anda untuk melaksanakan proses pembelajaran secara yang lebih sistematik, menyeluruh dan seimbang, baik di kelas, lingkungan sekolah dan komunitas sekolah.
Selamat belajar, berbagi, dan bertumbuh!
Salam hangat,
Capaian Pembelajaran Umum
- Mengelola aspek sosial dan emosional dalam berperan sebagai guru
- Menerapkan pembelajaran sosial dan emosional dalam lingkup kelas, lingkungan sekolah, dan komunitas
Capaian Pembelajaran Khusus
- Memahami pembelajaran sosial dan emosional yang berdasarkan kerangka CASEL (Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning )
- Memahami tentang pembelajaran sosial dan emosional berbasis kesadaran penuh (mindfulness)
- Memahami strategi untuk menerapkan pembelajaran sosial dan emosional berbasis kesadaran penuh sesuai dengan konteks masing-masing guru
- Menerapkan pembelajaran sosial dan emosional berbasis kesadaran penuh (mindfulness) dalam kegiatan di kelas, lingkungan sekolah, dan komunitas praktisi
Isi Materi Modul
Modul ini berisikan materi tentang:
- Penjelasan tentang Pembelajaran Sosial dan Emosional (PSE) sesuai kerangka CASEL
- Penjelasan tentang kesadaran penuh (mindfulness)
- Penjelasan tentang Pembelajaran Sosial dan Emosional berbasis kesadaran penuh (mindfulness)
- Penjelasan penerapan 5 kompetensi sosial dan emosional (KSE) berbasis kesadaran penuh (mindfulness) dalam kegiatan pembelajaran di kelas, lingkungan sekolah dan komunitas praktisi.
0 komentar:
Posting Komentar