MODUL 2.1 Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi_2.1

 

Demonstrasi Kontekstual - Modul 2.1

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat membuat Rencana pembelajaran berdiferensiasi dan mengevaluasi efektivitas RPP yang dibuat oleh sesama rekan CGP. (peer assessment)

Selamat datang Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak di sesi pembelajaran Demonstrasi Kontekstual!

Pertanyaan Pemantik untuk sesi pembelajaran ini adalah:

  1. Bagaimana saya dapat mendemonstrasikan apa yang telah saya pahami?
  2. Bagaimana pemahaman saya tentang pembelajaran berdiferensiasi dapat membantu saya memecahkan permasalahan pembelajaran yang saya hadapi sehari-hari di kelas?

    Ini adalah sesi dimana Anda akan mendapatkan kesempatan seluas-luasnya untuk menjadi seorang pengambil risiko! 

    Kami berharap, 4 pembelajaran sebelumnya telah memberikan Anda banyak pengetahuan dan keterampilan yang kami yakin dapat membantu Anda untuk keluar dari zona nyaman Anda dan mulai melakukan perubahan. Inilah saatnya Anda mendemonstrasikan keterampilan yang telah Anda pelajari dalam konteks dan situasi pembelajaran yang nyata dan menggunakannya untuk mengevaluasi efektivitas RPP untuk pembelajaran berdiferensiasi yang dibuat oleh sesama rekan CGP.

    Sebelum Anda melakukan tugas ini dan untuk membantu Anda mengingat apa yang telah Anda pelajari sebelumnya, perhatikan tabel berikut ini untuk melihat perbedaan antara pembelajaran yang baik versus pembelajaran berdiferensiasi yang baik.

    Tabel 1. Aktivitas Pembelajaran yang baik versus aktivitas pembelajaran berdiferensiasi yang baik


    1. Buatlah rencana pembelajaran untuk salah satu mata pelajaran, atau sesi pembelajaran dalam konteks pembelajaran daring (online learning).
    2. Pastikan rencana pembelajaran tersebut:
      • Dibuat dengan menganalisis kebutuhan belajar murid terlebih dahulu.
      • Menerapkan salah satu dari diferensiasi konten, proses atau produk.
      • Perhatikan rubrik penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran untuk membantu Anda dalam membuat RPP tersebut.
    3. Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengunggah RPP tersebut pada forum ini, dengan format judul/subjectRPP - Nama Anda
    4. Pilih salah satu RPP milik rekan Anda yang belum diberikan umpan balik oleh CGP lain, kemudian berikan umpan balik terhadap RPP tersebut. 
    5. Gunakan rubrik penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran untuk membantu Anda dalam memberikan umpan balik terhadap RPP yang dibuat oleh rekan Anda tersebut.
    6. Berikan penilaian dan umpan balik Anda kepada rekan Anda tersebut.
    7. Unggah RPP yang telah dibuat di 2.1.a.7. Unggah Hasil Demonstrasi Kontekstual Modul 2.1 untuk mendapat umpan balik dan penilaian dari fasilitator.


    Koneksi Antar Materi - Modul 2.1

    Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP menunjukkan pengetahuan dan keterampilan yang meningkat dalam mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi.

    Pertanyaan Pemantik untuk sesi pembelajaran ini adalah:

    1. Apakah saya mengubah pemikiran saya sebagai akibat dari apa telah saya pelajari?
    2. Bagaimana perubahan pemikiran tersebut berkontribusi terhadap pemahaman saya tentang implementasi pembelajaran berdiferensiasi?

    Selamat datang kembali Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak dalam rangkaian sesi pembelajaran Modul Pembelajaran Berdiferensiasi. 

    Kali ini Anda telah memasuki sesi pembelajaran kedelapan. Kami yakin, implementasi dalam konteks nyata serta diskusi dan konsultasi yang telah Anda lakukan pada pembelajaran sebelumnya telah mengaktifkan sinaps-sinaps di otak Anda sehingga semakin banyak koneksi yang Anda buat.

    Kali ini, Anda akan diberikan tantangan yang memungkinkan Anda untuk tidak saja mereview kembali apa yang telah Anda pelajari, namun juga membuat koneksi diantara materi-materi tersebut dalam cara yang paling bermakna untuk Anda. Yang menyenangkan adalah, Anda juga diperbolehkan untuk memilih caranya!




    Koneksi antar Materi:
    Modul 1.1
    Pembelajaran Berdiferensiasi akan saling terkoneksi dengan Modul 1.1 Refleksi Filosofis KI Hajar dewantara. pembelajaran akan semakin menyenangkan, sesuai dengan Kodratnya murid. peserta didik disertai dengan adanya asessment akan memudahkan guru dalam memberikan materi-materi pelajaran di kelas.
    Modul 1.2
    Pembelajaran berdiferensiasi akan memudahkan guru dalam mengajar dikelas. nilai dan peran guru penggerak akan saling berkolaborasi dan terintegrasi antara satu dengan yang lain. Guru memberikan materi di kelas disertai Nilai dan Peran Guru Penggerak.
    Modul 1.3
    Visi Guru penggerak akan saling terkoneksi dengan pembelajaran berdiferensiasi. pembelajaran yang bermakna akan menghasilkan output yang sesuai dengan harapan visi, misi dan tujuan sekolah. 
    Modul 1.4
    Budaya Positif akan terkoneksi dengan Pembelajaran berdiferensiasi. dengan pembelajaran berdiferensiasi di kelas, maka budaya positif akan berkembang di lingkungan kelas dan juga sekolah pada umumnya. 

    Aksi Nyata - Modul 2.1

    Tujuan Pembelajaran Khusus: Dengan menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari dalam modul ini, CGP dapat mengevaluasi rencana pembelajaran yang telah dibuat dan dapat mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi di kelasnya sendiri.

    Selamat Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak! 

    Akhirnya Anda telah tiba di sesi pembelajaran terakhir dari Modul Pembelajaran Berdiferensiasi ini. Sekarang saatnya Anda melakukan aksi nyata. Ingat, belajar hanya akan bermakna jika Anda dapat menggunakannya untuk memecahkan permasalahan Anda.

    Setelah mempelajari berbagai macam teori tentang pembelajaran berdiferensiasi dan mempraktikkannya dalam berbagai penugasan, tentu Anda ingin mengimplementasikannya dalam praktik sehari-hari, bukan? Anda dapat melihat kembali RPP yang sudah Anda buat di awal tahun ajaran/awal semester. Cobalah untuk menyesuaikannya dengan pemetaan profil murid yang sudah Anda buat, kemudian tambahkan diferensiasi konten/proses/produk yang mungkin dilakukan dalam proses belajar mengajar di kelas Anda.  Setelah itu, mulailah mengimplementasikan pembelajaran yang memuat pembelajaran berdiferensiasi di dalam kelas Anda.

    Anda tidak ditugaskan untuk melaporkan implementasinya dalam bentuk portofolio. Namun pada pendampingan individu berikutnya, Anda berkesempatan untuk mendiskusikan refleksi dari penerapan tersebut bersama pendamping Anda. Tentu saja, Anda juga dipersilakan mendokumentasikan penerapan pembelajaran diferensiasi dan membagikannya kepada orang-orang di sekitar Anda.

    Silahkan gunakan forum ini untuk berdiskusi terkait implementasi aksi nyata yang akan Anda lakukan, atau berbagi ide, gagasan, saran/masukan, solusi, ataupun permasalahan dan pengalaman dengan CGP lain.

    Selamat mengeksplorasi ragam pembelajaran berdiferensiasi!

    berikut adalah aksi nyata yang dilakukan, mohon saran dan masukannya
    terima kasih



    0 komentar:

    Posting Komentar